https://www.jurnalbima.id/index.php/senada/issue/feedSENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi2025-02-27T10:19:51+07:00Dendi Pratamasenada@poltekbima.ac.idOpen Journal SystemsSENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdihttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/248Pendampingan UMKM Secondhand Cikarang dalam Mengoptimalkan Pemasaran di Shopee2025-02-25T14:36:44+07:00Melyona Zenia Rabbilmelyona.zr@poltekbima.ac.idYulitayulita@poltekbima.ac.idFarah Agharid Zahrafarah@poltekbima.ac.idKamilah Citra Oktaviaadmin@jurnalbima.com<p>UMKM secondhand di Cikarang memiliki potensi besar untuk berkembang<br>di era digital, namun seringkali terkendala dalam pemasaran produk secara daring.<br>Platform e-commerce Shopee dapat menjadi solusi efektif untuk memperluas<br>jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Pengabdian kepada masyarakat ini<br>bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM secondhand di<br>Cikarang dalam mengoptimalkan pemasaran produk mereka di Shopee. Kegiatan<br>ini meliputi pelatihan tentang pembuatan toko online yang menarik, pengelolaan<br>produk, penggunaan fitur-fitur promosi, serta strategi pemasaran digital lainnya di<br>platform Shopee. Melalui pendampingan ini, diharapkan UMKM secondhand di<br>Cikarang dapat meningkatkan kemampuan pemasaran digital mereka, memperluas<br>jangkauan pasar, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Leni Sugiyanti, Yulita, Farah Agharid Zahra, Kamilah Citra Oktaviahttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/249Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Instagram Pada UMKM Dimsum Prasmanan2025-02-25T14:37:56+07:00Melyona Zenia Rabbilmelyona.zr@poltekbima.ac.idRendy Permanarendypermana@poltekbima.ac.idSatrio Arioduthosatrioariodutho@poltekbima.ac.idIndah Sukmawati Wijayaadmin@jurnalbima.id Reyhan Zihni Fauzanadmin@jurnalbima.com<p>Seiring dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya pemanfaatan<br>media sosial dalam aktivitas sehari-hari, Instagram telah menjadi salah satu platform<br>utama yang digunakan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah<br>satunya adalah UMKM Dimsum Prasmanan yang berlokasi di Tambun Selatan.<br>Akan tetapi, dalam kegiatan pemasarannya masih sangat minim dan konvensional.<br>Untuk itu, UMKM ini perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya strategi<br>pemasaran menggunakan Instagram. Laporan ini bertujuan untuk menganalisis<br>penerapan strategi pemasaran melalui Instagram pada UMKM Dimsum Prasmanan,<br>dengan fokus pada pembuatan konten dan interaksi dengan pelanggan, sesuai<br>dengan logbook yang digunakan dan dikemukakan permasalahannya. Metode<br>penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan observasi terhadap beberapa<br>akun UMKM yang sukses di Instagram serta melakukan wawancara dengan pemilik<br>usaha untuk mendapat informasi terkait UMKM. Hasil ini menunjukkan bahwa<br>pemanfaatan Instagram dengan konten visual yang menarik serta interaksi aktif<br>mampu meningkatkan brand awareness. Laporan ini merekomendasikan UMKM<br>untuk terus beradaptasi dengan tren pemasaran digital dan meningkatkan<br>engagement dengan pelanggan untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar di<br>platform ini. Dengan penerapan strategi pemasaran yang terstruktur dan inovatif,<br>UMKM Dimsum Prasmanan dapat memanfaatkan media sosial secara maksimal<br>untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rendy Permana, Satrio Ariodutho, Indah Sukmawati Wijaya, Reyhan Zihni Fauzanhttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/253Pengembangan Digital Marketing dan Branding pada Usaha Mikro Kopi Cikarang2025-02-21T15:39:30+07:00Erick Immanuelerickimmanuel@poltekbima.ac.idLilian Lilian lilian@poltekbima.ac.idRatna Sari Dewiratnasaridewi@poltekbima.ac.idBeraldi Arhamas admin@jurnalbima.id<p>UMKM Kopi Cikarang (KOCI), sebuah usaha mikro di bidang es kopi yang<br>menghadapi tantangan dalam pemasaran dan branding digital. Masalah utama yang<br>dihadapi adalah KOCI belum memiliki media sosial untuk promosi digital, sementara<br>aset media sosial dari brand sebelumnya, "Punakawan Kopi Rakyat," direncanakan<br>untuk diubah menjadi akun media sosial KOCI. Tujuan dari kegiatan ini meliputi<br>perancangan dan eksekusi strategi digital marketing dan branding, transformasi<br>akun media sosial dari Punakawan menjadi KOCI, pembuatan konten awal yang<br>informatif, serta desain material promosi offline seperti standing banner, buku menu,<br>backdrop, dan hanging banner. Selain itu, dilakukan juga sesi pemotretan produk<br>untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi yang mendukung semua kebutuhan<br>promosi KOCI. Manfaat dari kegiatan ini mencakup peningkatan keterampilan<br>penulis dalam menghadapi kasus nyata di dunia usaha, bantuan bagi KOCI untuk<br>memulai promosi digital dan memperbaiki material promosi, serta kontribusi bagi<br>kampus dalam meningkatkan kualitas pendidikan berbasis praktik. Hasil yang<br>dicapai adalah strategi promosi yang lebih terstruktur dan material branding yang<br>profesional, yang diharapkan mampu meningkatkan daya tarik dan pengenalan<br>brand KOCI di masyarakat.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Erick Immanuel, Lilian Lilian , Ratna Sari Dewi, Beraldi Arhamas https://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/256Pendampingan UMKM Thrift Store Fashion dalam Mengoptimalkan Pemasaran di Tiktok2025-02-21T16:34:52+07:00Yulitayulita@poltekbima.ac.idAhmad Arwani Raharjoahmadarwaniraharjo@poltekbima.ac.idArnoldarnold@poltekbima.ac.idIntan Permata Sariintanpermatasari@gmail.com<p>kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan pendampingan kepada UMKM <em>thrift store fashion</em> dalam mengoptimalkan pemasaran mereka melalui platform Tiktok. <em>Thrift store fashion</em> merupakan bisnis yang menjual pakaian bekas layak pakai dengan harga terjangkau. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, Tiktok menjadi platform yang sangat potensial untuk memasarkan produk secara luas dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis konten pemasaran di Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM <em>thrift store fashion</em> memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan melalui Tiktok. Namun, mereka menghadapi beberapa tantangan seperti kurangnya pemahaman tentang strategi konten yang efektif, dan interaksi dengan konsumen. Berdasarkan temuan penelitian, program pendampingan dirancang untuk membantu UMKM <em>thrift store fashion</em> dalam mengoptimalkan pemasaran di Tiktok. Program ini meliputi pelatihan tentang pembuatan konten menarik.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Yulita, Ahmad Arwani Raharjo, Arnold, Intan Permata Sarihttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/258Pendampingan UMKM Thrift Store Fashion dalam Mengoptimalkan Pemasaran di Tiktok2025-02-22T11:30:56+07:00Yulita Yulitayulita@poltekbima.ac.idAhmad Arwaniahmadarwani@poltekbima.ac.idArnold Arnoldarnold@poltekbima.ac.idIntan Permata Sariadmin@jurnalbima.id<p>kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan pendampingan kepada UMKM thrift store fashion dalam mengoptimalkan pemasaran mereka melalui platform Tiktok. Thrift store fashion merupakan bisnis yang menjual pakaian bekas layak pakai dengan harga terjangkau. Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, Tiktok menjadi platform yang sangat potensial untuk memasarkan produk secara luas dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis konten pemasaran di Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM thrift store fashion memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan melalui Tiktok. Namun, mereka menghadapi beberapa tantangan seperti kurangnya pemahaman tentang strategi konten yang efektif, dan interaksi dengan konsumen. Berdasarkan temuan penelitian, program pendampingan dirancang untuk membantu UMKM thrift store fashion dalam mengoptimalkan pemasaran di Tiktok. Program ini meliputi pelatihan tentang pembuatan konten menarik.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Yulita Yulita, Ahmad Arwani, Arnold Arnold, Intan Permata Sarihttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/260Webinar "From Campus To Corporate : Strategi membangun Personal Branding sejak dini"2025-02-26T14:10:14+07:00Yudha Wibisonoyudhawibisono@poltekbima.ac.id<p>Transisi dari dunia kampus ke dunia kerja merupakan fase penting yang memerlukan strategi khusus, salah satunya adalah membangun personal branding sejak dini. Personal branding yang kuat dapat meningkatkan daya saing individu di dunia profesional serta membuka peluang karier yang lebih luas. Artikel ini membahas strategi efektif dalam membangun personal branding sejak masa perkuliahan, termasuk pemanfaatan media sosial, pengembangan keterampilan, serta networking yang tepat. Dengan menerapkan strategi ini, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan identitas profesional yang lebih jelas dan kredibel.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Yudha Wibisonohttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/261Pendampingan Pencatatan Keuangan UMKM Seblak Opatlima Untuk Meningkatkan Informasi Keuangan2025-02-26T14:11:48+07:00Jenny Widjojojennywidjojo@poltekbima.ac.idTuti Achyanitutiachyani@poltekbima.ac.idDavid Chandrawandavidchandrawan@poltekbima.ac.idIntan Cahya Ramadinaadmin@journal.id<p>UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, yang memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia karena berkontribusi sebagai pencipta lapangan kerja. Salah satunya itu UMKM Seblak Opatlima. Dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pencatatan keuangan yang tidak optimal seringkali menjadi salah satu faktor penghambat dalam pengembangan dan keberlangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah pencatatan keuangan pada seblak opatlima serta memberikan solusi yang efektif untuk meningkatkan transparansi laba rugi. Pada kegiatan dilakukan mahasiswa yaitu merancang template laporan keuangan yang memudahkan pemilik UMKM dalam mencatat keuangan usahanya. Ada beberapa template keuangan yang dibuat yaitu, pencatatan pemasukan, pengeluaran, jurnal umum, buku besar, dan laporan laba rugi. Melalui template keuangan yang sudah dibuat, pemilik umkm dapat memperoleh informasi laporan laba rugi yang jelas serta dapat mengambil keputusan yang lebih baik untuk masa depan usaha. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam program ini sangat terstruktur yaitu, pencatatan manual di buku tulis terhadap informasi yang relevan seperti pendapatan, pengeluaran, dan data keuangan lainnya. Pencatatan ini kemudian di pindahkan ke dalam format spredsheet agar dapat dianalisis secara lebih efisien. Dengan proses ini akan meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan serta pencatatan keuangan yang lebih rapi dan terstruktur.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Jenny Widjojo, Tuti Achyani, David Chandrawan, Intan Cahya Ramadinahttps://www.jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/263Laporan Keuangan UMKM Dimsum Semreduu Untuk Mengetahui Laba dan Rugi2025-02-27T10:19:51+07:00Ellynawati Ellynawatiellynawati@poltekbima.ac.idAnna Fajarwatyannafajarwaty@poltekbima.ac.idAfif Fuziadmin@journal.id<p>Dengan adanya pencatatan keuangan yang baik justru dapat memonitor kinerja usaha serta membuat keputusan yang tepat. Tujuan dari praktik kerja industri ini adalah untuk memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan sehingga memudahkan dalam mengetahui laba rugi. Salah satu UMKM yang belum menggunakan pencatatan keuangan secara optimal yaitu Dimsum Semreduu UMKM ini berlokasi di Jl. Raya Tambelang.Mahasiswa memilih melaksanakan Praktik Kerja Lapangan pada UMKM dimsum semreduu karena UMKM dimsum semreduu merupakan salah satu UMKM yang belum melakukan dan mengembangkan administrasi yaitu dalam hal laporan keuangan. Berdasarkan informasi owner bahwa dimsum semreduu belum melakukan pencatatan keuangan secara optimal sehingga dalam melakukan praktik kerja lapangan mahasiswa membantu melakukan pencatatan keuangan pengeluaran dan pemasukan setiap harinya, membantu merekap keuangan setiap bulannya selain itu mahasiswa juga menjelaskan pentingnya pencatatan keuangan dalam suatu usaha karena hal ini membantu owner untuk mengetahui laba rugi. Dengan adanya pencatatan keuangan yang baik dapat diketahui bahwa dimsum semreduu mendapatkan keuntungan dibulan November sebesar Rp. 9.950.000, selain itu pada periode Desember dimsum semreduu mengalami kenaikan omset sehingga keuntungan yang didapatkan pada bulan desember sebesar Rp. 18.950.000 hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya laporan keuangan yang baik dapat memudahkan dalam melihat laba rugi.</p>2025-02-02T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Ellynawati Ellynawati, Anna Fajarwaty, Afif Fuzi