Perancangan Banner dan Sticker Sebagai Media Promosi UMKM Soto Tangkar Bang Dul
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah salah satu kewajiban dari tridarma dosen. Kegiatan ini dilakukan dengan mengambil salah satu pedagang yaitu UMKM Soto Tangkar Bang Dul yang berlokasi di Jalan Adhi Karya I Rt 011 Rw 002 Kelurahan Kedoya Selatan Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat. Sebelumnya, tim pengusul melakukan observasi dan pengamatan UMKM Soto Tangkar Bang Dul salah satu usaha yang sempat vakum atau berhenti jualan dikarenakan pemiliknya meninggal dunia. Saat ini, oleh pewarisnya dibuka kembali dengan tetap menggunakan nama Soto Tangkar Bang Dul. Berdasarkan hal tersebut tim kami berinisiatif untuk memberikan penyuluhan mengenai merek dagang, izin usaha dan pentingnya media promosi. Merek dagang dibutuhkan untuk memperkenalkan suatu usaha, begitupun izin usaha yang merupakan legalitas usaha. Kami memberikan rancangan media promosi UMKM Soto Tangkar Bang Dul berupa banner untuk di media sosial, sticker promosi aplikasi dan sticker yang digunakan pada kemasan plastik untuk membangkitkan ingatan kembali pelanggan dan sebagai pemberitahuan kalau UMKM Soto Tangkar Bang Dul sudah berjualan kembali dan tidak akan merubah rasa soto yang lalu. Harapan kami dengan penyuluhan yang akan kami berikan dapat memberikan manfaat kepada pemilik/ pewaris dari UMKM Soto Tangkar Bang Dul.
References
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol 1 No 1, 120–142. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jie/article/view/6072/5526
Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1 No., 1286–1295. https://media.neliti.com/media/publications/75851-ID-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-menen.pdf
Ariani, & Utomo, M. N. (2017). KAJIANSTRATEGIPENGEMBANGANUSAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA TARAKAN. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, Vol 13 No, 99–118. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55/44
Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Vol V No., 77–84. https://doi.org/10.34010/jipsi.v5i2.228
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No, 89–98. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934/1223
Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2018). Pengembangan UMKM Maduwongso Melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha. Jurnal Abdimas, Vol. 22 No, 185–192. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/16512
Permana, S. H. (2017). STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol 8 No 1, 93–103. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1257
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 5 No., 40–52. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/18162
Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Tenologi Informasi. Jurnal An-Nida, Vol 10 No., 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/an.v10i1.741
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecik dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Cano Ekonomos, Vol 6 No 1, 51–58. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/issue/view/95
Copyright (c) 2021 Yayah Rukiah, Febrianto Saptodewo, FC. Ndaru Ranuhandoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).