Perancangan Banner dan Sticker Sebagai Media Promosi UMKM Soto Tangkar Bang Dul

  • Yayah Rukiah
  • Febrianto Saptodewo Universitas Indraprasta PGRI
  • FC. Ndaru Ranuhandoko Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: merek dagang, izin usaha, media promosi, umkm soto tangkar bang dul

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah salah satu kewajiban dari tridarma dosen. Kegiatan ini dilakukan dengan mengambil salah satu pedagang yaitu UMKM Soto Tangkar Bang Dul yang berlokasi di Jalan Adhi Karya I Rt 011 Rw 002 Kelurahan Kedoya Selatan Kecamatan Kebun Jeruk Jakarta Barat. Sebelumnya, tim pengusul melakukan observasi dan pengamatan UMKM Soto Tangkar Bang Dul salah satu usaha yang sempat vakum atau berhenti jualan dikarenakan pemiliknya meninggal dunia. Saat ini, oleh pewarisnya dibuka kembali dengan tetap menggunakan nama Soto Tangkar Bang Dul. Berdasarkan hal tersebut tim kami berinisiatif untuk memberikan penyuluhan mengenai merek dagang, izin usaha dan pentingnya media promosi. Merek dagang dibutuhkan untuk memperkenalkan suatu usaha, begitupun izin usaha yang merupakan legalitas usaha. Kami memberikan rancangan media promosi UMKM Soto Tangkar Bang Dul berupa banner untuk di media sosial, sticker promosi aplikasi dan sticker yang digunakan pada kemasan plastik untuk membangkitkan ingatan kembali pelanggan dan sebagai pemberitahuan kalau UMKM Soto Tangkar Bang Dul sudah berjualan kembali dan tidak akan merubah rasa soto yang lalu. Harapan kami dengan penyuluhan yang akan kami berikan dapat memberikan manfaat kepada pemilik/ pewaris dari UMKM Soto Tangkar Bang Dul.

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol 1 No 1, 120–142. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jie/article/view/6072/5526

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Potensi Internal (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1 No., 1286–1295. https://media.neliti.com/media/publications/75851-ID-pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-menen.pdf

Ariani, & Utomo, M. N. (2017). KAJIANSTRATEGIPENGEMBANGANUSAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA TARAKAN. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, Vol 13 No, 99–118. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55/44

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Vol V No., 77–84. https://doi.org/10.34010/jipsi.v5i2.228

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No, 89–98. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae/article/view/1934/1223

Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, M. A. (2018). Pengembangan UMKM Maduwongso Melalui Manajemen Usaha dan Legalitas Usaha. Jurnal Abdimas, Vol. 22 No, 185–192. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/16512

Permana, S. H. (2017). STRATEGI PENINGKATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol 8 No 1, 93–103. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1257

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, Vol. 5 No., 40–52. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/18162

Romadhoni, B. A. (2018). Meredupnya Media Cetak, Dampak Kemajuan Tenologi Informasi. Jurnal An-Nida, Vol 10 No., 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/an.v10i1.741

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecik dan Menengah) Di Indonesia. Jurnal Cano Ekonomos, Vol 6 No 1, 51–58. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/issue/view/95

Published
2021-08-13
How to Cite
Rukiah, Y., Saptodewo, F., & Ranuhandoko, F. N. (2021). Perancangan Banner dan Sticker Sebagai Media Promosi UMKM Soto Tangkar Bang Dul. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 93-102. https://doi.org/10.56881/senada.v2i1.92