Pengenalan Flash Cards sebagai Media Presentasi pada Karang Taruna Ikra RW 03, Limo
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengenalkan alat bantu visual yang dapat digunakan dalam kegiatan presentasi. Selain itu, secara tidak langsung tujuan dari kegiatan ini dapat melatih kemampuan para peserta yang hadir dalam hal teknik presentasi. Alat bantu visual yang diperkenalkan kepada para peserta pengabdian kepada masyarakat ini berupa flash cards yang berisikan ilustrasi secara bolak-balik. Kegiatan ini di lakukan pada Karang Taruna IKRA RW 03, Limo, Depok. Para anggota yang tergabung dalam karang taruna ini belum mengenal istilah flash cards. Terlebih lagi media tersebut dapat digunakan dalam kegiatan presentasi. Selain itu, para anggota karang taruna ini pun belum pernah mengalami praktik yang berkaitan dengan teknik presentasi. Dengan demikian, metode yang digunakan dalam kegitan pengabdian ini menggunakan pendekatan pelatihan. Dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pelaksana juga melakukan tiga metode pembelajaran sehingga lebih efektif dalam proses pelatihan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah para peserta mengetahui hal dasar tentang teknik presentasi dan para peserta pun mehami penggunaan flash cards sebagai media presentasi. Lalu, melalui penggunaan flash cards ini para juga memahami bahwa media tersebut dapat diaplikasikan pada kegiatan belajar dan mengajar atau pun kegiatan lainnya
References
Ahmad, S. (2008). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kompetensi Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Bagi Peserta Didik Kelas VIII F Semester 2 SMP Negeri 5 Surakarta Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dwija Utama, 9(35), 51–58.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Lie, A. (1993). Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.
Mustikawati, R. I., Nugroho, M. A., Setyorini, D., Yushita, A. N., & Timur, R. P. (2016). Analisis Kebutuhan Soft Skill Dalam Mendukung Karir Alumni Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi, XIV(2), 13–20. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/12866/9028
Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tirtaharja, U. (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. (n.d.). Retrieved from http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm
Copyright (c) 2020 Friza Youlinda Parwis, Edo Galasro Limbong, Ismail Bambang Subianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).