Edukasi Literasi Digital terhadap Perkembangan Anak pada TPA Al Ihsan

  • Embun Fajar Wati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anggi Puspita Sari Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: literasi, digital, teknologi, anak-anak, edukasi

Abstract

Teknologi digital sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat tetapi sebagian  besar  masyarakat  belum  mampu  menggunakan  teknologi tersebut secara baik khususnya terhadap anak-anak. Penggunaan teknologi digital yang tidak tepat yang diberikan kepada anak-anak bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kelangsungan kehidupan individu dan sosial mereka. Oleh sebab itu  literasi digital selayaknya diberikan edukasi agar dapat mendidik kepribadian bangsa terutama generasi penerus bangsa. Literasi digital merupakan dasar pengetahuan yang didukung oleh teknologi informasi yang saling terhubung dengan tujuan untuk memahami bagian-bagian penting dalam literasi digital dan prosedur literasi terhadap anak. Untuk itu kami dari tim Dosen Fakultas Teknik dan Informatika akan mengadaan pengabdian masyarakat mengenai literasi digital di TPA Al Ihsan Duri Kosambi Jakarta Barat dengan harapan pada kegiatan ini, anak-anak mampu menggunakan teknologi digital dengan baik dan benar, mampu memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari persiapan dan pelaksanaan. Persiapan dimulai dari observasi lokasi, wawancara, sampai mencari referensi untuk persiapan acara. Kemudian pelaksanaan nya dilakukan dengan cara memaparkan materi melalui video anak-anak yang disesuaikan dengan tema, storytelling dan diakhiri dengan pemberian games. Kegiatan ini juga akan dipublikasikan dalam bentuk press release di media online.

References

Day, V. M., & Qodariah, S. (2018). MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN INCREASING DIGITAL LITERATION ON 6-12 YEARS OLD SCHOOL-AGE CHILDREN. Prosiding Nasional Psikologi, 1–9.

Kurnia, N. (2017). Literasi Digital Keluarga. Center For Digital Society (CFDS).

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK DAN REMAJA. Semantik, 6(1), 11–24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/250/209

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.

Silvana, H., & Cecep. (2018). PENDIDIKAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN USIA MUDA DI KOTA BANDUNG. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146–156.

Published
2021-08-13
How to Cite
Wati, E. F., & Sari, A. P. (2021). Edukasi Literasi Digital terhadap Perkembangan Anak pada TPA Al Ihsan. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 38-46. https://doi.org/10.56881/senada.v2i1.82