Edukasi Literasi Digital terhadap Perkembangan Anak pada TPA Al Ihsan
Abstract
Teknologi digital sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat tetapi sebagian besar masyarakat belum mampu menggunakan teknologi tersebut secara baik khususnya terhadap anak-anak. Penggunaan teknologi digital yang tidak tepat yang diberikan kepada anak-anak bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kelangsungan kehidupan individu dan sosial mereka. Oleh sebab itu literasi digital selayaknya diberikan edukasi agar dapat mendidik kepribadian bangsa terutama generasi penerus bangsa. Literasi digital merupakan dasar pengetahuan yang didukung oleh teknologi informasi yang saling terhubung dengan tujuan untuk memahami bagian-bagian penting dalam literasi digital dan prosedur literasi terhadap anak. Untuk itu kami dari tim Dosen Fakultas Teknik dan Informatika akan mengadaan pengabdian masyarakat mengenai literasi digital di TPA Al Ihsan Duri Kosambi Jakarta Barat dengan harapan pada kegiatan ini, anak-anak mampu menggunakan teknologi digital dengan baik dan benar, mampu memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari persiapan dan pelaksanaan. Persiapan dimulai dari observasi lokasi, wawancara, sampai mencari referensi untuk persiapan acara. Kemudian pelaksanaan nya dilakukan dengan cara memaparkan materi melalui video anak-anak yang disesuaikan dengan tema, storytelling dan diakhiri dengan pemberian games. Kegiatan ini juga akan dipublikasikan dalam bentuk press release di media online.
References
Day, V. M., & Qodariah, S. (2018). MENUMBUHKAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA SEKOLAH 6-12 TAHUN INCREASING DIGITAL LITERATION ON 6-12 YEARS OLD SCHOOL-AGE CHILDREN. Prosiding Nasional Psikologi, 1–9.
Kurnia, N. (2017). Literasi Digital Keluarga. Center For Digital Society (CFDS).
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK DAN REMAJA. Semantik, 6(1), 11–24. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/250/209
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
Silvana, H., & Cecep. (2018). PENDIDIKAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN USIA MUDA DI KOTA BANDUNG. PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 146–156.
Copyright (c) 2021 Embun Fajar Wati, Anggi Puspita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).