Strategi Mengajar Bahasa Inggris secara Daring di Era Pandemi COVID-19

  • Widya Widya Universitas Indraprasta PGRI
  • Erika Agustiana Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: pembelajaran daring, strategi mengajar, teknik mengajar, media pengajaran

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah proses belajar mengajar dari yang awalnya dilakukan dengan tatap muka di dalam kelas ke sistem belajar daring melalui platform-platform yang banyak tersedia saat ini. Suasana belajar yang kurang menyenangkan karena siswa harus diam berhadapan dengan layar komputer, laptop, atau telepon pintar, dan karena tidak bisa berinteraksi dengan leluasa dengan guru dan teman-teman sekelas telah menurunkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan strategi mengajar bahasa Inggris secara daring yang meliputi metode dan media pengajaran yang akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris secara daring.  Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan hasil, yaitu (1) guru mengenal dan memperkaya metode serta media pengajaran bahasa Inggris secara daring; (2) guru dapat menerapkan teknik dan memanfaatkan media pengajaran yang didapat saat pelatihan kepada siswa sehingga tercipta suasana belajar yang lebih menyenangkan; (3) siswa merasakan pengalaman belajar bahasa Inggris yang baru dan lebih termotivasi untuk menguasai pelajaran.

References

Asmuni. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Bernaus, M., Wilson, A., & Gardner, R. . (2009). Teachers’ motivation, classroom strategy use, students’ motivation and second language achievement. Porta Linguarum, 12, 25–36.

Dick, W., & Carrey, L. (1985). The systematic design instruction (2nd ed). (Second). Scott., Foreman and Company.

Dörnyei, Z. (2009). The L2 motivational self system. In D. Z (Ed.), Motivation, Language Identity and The L2 Self (pp. 9–42). Multilingual Matters.

Gulo, W. (2008). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Grasindo

Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232.

Suparya, I. . (2020). Belajar dari rumah selama masa pendemi covid 19. In K. A. P. D. dan J. Simarmata (Ed.), COVID-19: Perspektif Pendidikan (pp. 63–78). Yayasan Kita Menulis.

Vincent II, J. . (2009). An introduction to community development. Routledge.

Wulandari, D. A. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 18(2), 18–24. https://doi.org/10.31294/p.v18i2.1178

Published
2021-08-13
How to Cite
Widya, W., & Agustiana, E. (2021). Strategi Mengajar Bahasa Inggris secara Daring di Era Pandemi COVID-19. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 29-37. https://doi.org/10.56881/senada.v2i1.81