Pengembangan Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Flashcard pada Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-39

Keywords: Media Pembelajaran Flashcard, Huruf Hijaiyah

Abstract

Bukan hal baru kalau media pembelajaran di dalam pendidikan sangat dibutuhkan. Bahkan banyak sekolah yang sudah mengenal dan menggunakan computer sebagai media belajar mereka. Karena gambar serta suara tidak membuat mereka lekas bosan dan merangsang ilmu pengetahuan mereka berkembang dengan cepat. Pada media elektronik mendengar lafaz huruf hijaiyah mudah didengar, tetapi bagaimana dengan menulisnya. Oleh sebab itu media pembelajaran membaca dan membuat huruf Hijaiyah dengan menggunakan media flashcard (Kartu kata) diharapkan membantu para anak-anak dalam menerapkan penulisan huruf Hijaiyah yang sudah ada contohnya pada media tersebut. Sasaran pelatihan ini adalah diharapkan para siswa Taman Kanak-kanak dapat merasakan manfaatnya sehingga belajar jadi sangaat menyenangkan. Karena flashcard bisa digambar dengan illustrasi yang menarik maka dengan adanya media belajar ini, harapannya peserta didik dapat melaksanakan penulisan dan pengucapan huruf Hijaiyah dengan gembira tanpa dipaksa oleh para guru

References

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 No. 2 Agustus, 139-149. Retrieved Februari 26, 2020, from https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4410/2549

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. (2008). Jami‟ Al- Bayan an Ta‟wil Ayi Al-Qur‟an, penerjemah: Abdul Somad, Yusuf Hamdani, dkk, jilid 3, 12, 13, 21, Jakarta: Pustaka Azzam,

Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Hariyanto, A. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press.

Herlina, M.N., Fatimah, A., Fahmi (2018) Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui -media kartu huruf (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Assa”dah Serang-Banten). JPPPAUD FKIP UNTIRTA, Vol. 5 No.1, Mei 2018. ISSN: 2355_830X.

Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 04; No. 01; 2010, 10-18. doi:ISSN: 1907-932X

Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, JPK 3 (2) (2017), 143-148. Retrieved February 26, 2020, from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10786/7091

Rasyid, H., Mansyur, dan Suratno (2009) Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: penerbit Multi Pressindo

Seefeldt, C. dan Wasik, B.A. (2008) Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta; PT Indeks

Sirajudin (2006) Pengertian Huruf Hijaiyyah. Jakarta; Pustaka Tarbiyah

Surasman, O. (2002) Metode Insani Kunci Praktis membaca Al-Qur’an Baik dan Benar. Jakarta: Gema Insani Pres.

Suyanto (2005) Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2020-06-25
How to Cite
Nurcahyawati, E., & Subianto, I. B. (2020). Pengembangan Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Flashcard pada Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-39. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 36-43. https://doi.org/10.56881/senada.v1i1.8