Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dimasa Pandemi di TPQ Nurul Huda

  • Mohammad Badrul STMIK Nusa Mandiri
  • Yumi Novita Dewi STMIK Nusa Mandiri
  • Irfan Mahendra STMIK Nusa Mandiri
  • Santoso Setiawan STMIK Nusa Mandiri
  • Nita Merlina STMIK Nusa Mandiri
Keywords: pandemi, classroom, google, daring, nurul huda

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 sampai dengan saat ini bukan hanya berdampak pada aspek ekonomi yang semakin melemah. Namun lambat laun ternyata dampaknya terjadi pada segala aspek kehidupan. Baik itu aspek ekonomi, kesehatan, pendidikan, agama, maupun sosial.  Khususnya pada pendidikan, dampak yang tengah dirasakan yakni perubahan teknis pendidikan yang mulanya dilakukan dengan tatap muka di kelas, sekarang dilakukan melalui pembelajaran online (daring), kebijakan pemerintah mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berkala Besar berdampak pada kegiatan belajar mengajar di Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) Nurul Huda yang biasa dilakukan secara tatap muka juga harus dihentikan. oleh sebab itu dibutuhkan media untuk mendukung pembelajaran secara online untuk mendukung kebijakan pemerintah dan transformasi ilmu ke peserta didik bisa berjalan. Permasalahan yang ada saat ini adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan para guru dan santri taman pendidikan Al-qur’an (TPQ) Nurul Huda dalam penggunaan dan pemanfaatan berbagai aplikasi media pembelajaran daring. oleh sebab itu dibutuhkan kegiatan workshop pemanfaatan layanan google clasroom sebagai salah satu media pembelajaran pendukung pembelajaran daring untuk guru dan santri taman pendidikan Al-qur’an (TPQ) Nurul Huda. Dengan google classroom guru dapat membuat kelas, mengupload materi, memberikan kuis dan tugas, forum diskusi serta penyimpanan data-data pembelajaran dengan menggunakan google drive yang dapat diakses oleh santri sehingga kegiatan belajar bisa berjalan.

References

Agustin, T. L. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Dengan Whatssapp Group Pada Prilaku Kreatif Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Di Kelas IV SD Terangmas Undaan Kudus). https://www.researchgate.net/publication/342762494.

Aryani, D., Malabay, Ariessanti, H. D., & Putra, S. D. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Daring saat Pandemi COVID 19 di SMPIT Insan Rabbani. Jurnal Abdimas, 374.

Kristiana, A. I. (2014). Model pembelajaran berbasis e-learning dengan authentic assessment pada mata kuliah aljabar linier prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. Kadikma, 3.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 13.

Makarim, N. (2019). Pidato mendikbud Nadiem Makarim pada Upacara bendera peringatan hari guru nasional 2019. Kemendikbud. (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud- nadiem-makarim-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-2019).

Montolalu, A. A. (2015). Peranan pemerintah dalam mewujudkan pendidikan wajib belajar di kecamatan Matuari Kota Bitung. Jurnal Politico, 4.

Prayitno. (2009). Dasar teori dan praksis pendidikan. Grasindo.

Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Procedings of national seminar research and community service institute Universitas Negeri Makasar (pp. 122-125). Makasar: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8256/4767.

Published
2021-08-13
How to Cite
Mohammad Badrul, Yumi Novita Dewi, Irfan Mahendra, Santoso Setiawan, & Nita Merlina. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran dimasa Pandemi di TPQ Nurul Huda. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 2(1), 10-17. https://doi.org/10.56881/senada.v2i1.79