Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Daring dan Manajemen bagi Guru di SMP Negeri 2 Kemang Bogor
Abstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Pelatihan aplikasi pembelajaran daring dan manajemen untuk bertujuan memberikan pemahaman da ketrampilan para guru dalam rangka mendukung proses belajar mengajar secara online melalui aplikasi google clasroom untuk para guru, sekaligus memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai manajemen keuangan keluarga bagi guru SMP Negeri 2 Kemang Bogor. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru-guru SMP Negeri 2 Kemang Bogor adalah terbatasnya kemampuan dan ketrampilan TIK untuk menjalankan pembelajaran daring,terutama aplikasi google classroom ,terbatasnya sarana-prasarana TIK yang mendukung pembelajaran daring serta banyak guru dihadapkan pada persoalan mengatur keuangan keluarga untuk tetap bertahan di tengah pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan melalui tutorial langsung aplikasi Google Classroom dan Google Form, serta memberikan pengarahan dan pengetahuan tentang manajemen keuangan bagi keluarga Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakar adalah para guru yang mengajar disekolah SMP Negeri 2 Kemang Bogor dapat menggunakan aplikasi pembelajaran daring, seperti mengirimkan materi belajar, membuat kuis atau tugas untuk siswa, membuat form kuis online, dan dapat membuat perencanaan keuangan bagi keluarga. Pelatihan pembelajaran daring dan manajemen keuangan keluarga ini diharapkan memberikan bekal pengetahuan sekaligus ketrampilan aplikasi google classroom dalam mendukung proses pembelajaran daring serta pengelolaan keuangan keluarga dalam menghadapi pandemi covid-19
References
Faadhilah, K. H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020-2021 di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung) (Skripsi Sarjana, FKIP Universitas Pasundan Bandung).
Fauziah & Rinayanti, M. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. DEEPUBLISH :Yogyakarta.
Hakim, AB. (2016). Efektifitas Penggunaan E-learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-statement: information system and technology management, 2(1), 1-6.
https://beritamanado.com/manajemen-pendidikan-saat-pandemi-covid-19-melanda-kabupaten-kaimana/.
https://id.theasianparent.com/manajemen-keuangan-rumah-tangga
Malalina, M., & Yenni, R. F. (2018). Pelatihan Google Classroom Untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran Di Fkip Universitas Tamansiswa Palembang. Jurnal Cemerlang: Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 58-70.
Menristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016.
Menristekdikti. 2020. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/Kb/2020, Nomor 612 Tahun 2020, Nomor Hk.01.08/Menkes/502/2020 Dan Nomor 119/4536/SJ Tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Salirawati, D. (2010). Manajemen Keuangan Keluarga. Artikel Online (http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001805/pengabdian/14manajemen-keuangan-keluarga.pdf.
Copyright (c) 2021 Muhammad Ridwan Effendi, Danarti Hariani, Helena Louise Panggabean, Yan Sofyan Andhana Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).