Mendesain Lukisan Mural di Taman Kanak-Kanak Untuk Mendorong Semangat Kebersihan
Abstract
Lukisan mural merupakan seni menyampaikan pesan melalui kreatvitas gambar pada dinding. Lukisan mural dapat diterapkan di lingkungan sekolah Taman Kanak-Kanak untuk membangun suasana belajar yang nyaman, ceria, dan menyenangkan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam studi ini melakukan pengerjaan lukisan mural di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Uswatun Hasanah, yang berlokasi di desa Ragajaya Citayam. Pilihan terhadap lokasi sekolah tersebut didasarkan hasil observasi dan diskusi dengan pihak sekolah tentang kondisi dinding kamar mandi yang terlihat kusam dan berkesan gelap, sehingga membuat anak-anak di lingkungan sekolah tersebut malas ke kamar mandi. Tujuan membuat lukisan mural pada dinding kamar mandi adalah untuk mendorong semangat menjaga kebersihan diri di lingkungan sekolah, sekaligus melatih siswa untuk membiasakan diri mencuci tangan. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan prinsip desain dan teknik manual serta teknik grid dalam penerapan lukisannya. Tema lukisan mural berupa ilustrasi hewan-hewan air dengan gaya visual yang umumnya disukai anak-anak. Penerapan lukisan mural di dinding kamar mandi ini diharapkan dapat mengajak siswa dan guru yang berada di sekolah Taman Kanan-kanak Islam Terpadu Uswatun Hasanah terus meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan. Hasil dari lukisan mural ini terbukti mendapat respon positif dari anak-anak. Anak-anak menjadi senang ke kamar mandi untuk melihat gambar dan mencuci tangan
References
Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi, Jakarta: Grasindo.
Astawa, I. M. S. (2018). Pengaruh Permainan Warna Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 67-71. https://media.neliti.com/media/publications/298730-pengaruh-permainan-warna-terhadap-kecerd-cf99f843.pdf 67-71
Dananjaya, U.(2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung dan Jakarta: Penerbit Nuansa dan Universitas Paramadina.
Danesi, M. (2011). Pesan, Tanda, dan Makna, Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Gottlieb, L. (2008).Graffiti Art Styles: A Classification System and Theoretical Analysis. Jefferson, North Carolina, London: McFarland & Company, Inc.
Indraswara, M. S. (2007). Kajian Penempatan Furniture dan Pemakaian Warna (Studi kasus pada kamar tidur hotel Nugraha Wisata Bandungan-Ambarawa). Enclosure, Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Permukiman, 6(1), 22-31. http://eprints.undip.ac.id/18507/1/3.pdf
Irawan, B. & Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain Untuk Arsitektur, Interior-Arsitektur, Seni Rupa, Desain Produk Industi dan Desain Komunikasi Visual. Depok: Griya Kreasi.
Kementrian Kesehatan (2016). PHBS. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat,http://promkes.kemkes.go.id/phbs, 2019.
Nababan, R.S. (2019). Karya Mural Sebagai Medium Mengkritisi Perkembangan Jaman (Studi Kasus Seni Mural Karya Young Surakarta). Proceeding: International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS) 2019, 1-4. Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia. http://icadecs.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/Full-Paper_Ryan-Sheehan-Nababan_ICADECS-19.pdf
Nuria, M.Pd., R. (2019). Perilaku Hidup Sehat untuk Taman Kanak-kanak. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Nugraha, M. I. M. (2015). Mural Sebagai Media Pendidikan Moral Islam Bagi Masyarakat di Kota Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/20340/1/11470036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Prastiawan, U. Y. (2017). Imajinasi Bentuk Air Dalam Lukisan. Institut Seni Indonesia Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/2124/7/Jurnal.pdf
Rahmasari, B. (2019). Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan dalam Perspektif Hadis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36759/1/BEKTI%20RAHMASARI-FU.pdf
Sukirno, Drs. M.Sn. (2009). Workshop Mural Untuk Siswa SMAN Talun dan SMAN Garum Kabupaten Blitar. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Seni Indonesia Surakarta. http://repository.isi-ska.ac.id/2508/1/Sukirno.pdf
Wahyudi, A.T., Natadjaja, L., Wicandra, O. B. & Waluyanto, H. D. (2017). Kajian Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Mural (Studi Kasus: Mural Dinding Sekolah TK YBPK Sekar Indah Malang). Nirmana, 17 (2), 87-95. DOI: 10.9744/nirmana.17.2.87-95
Copyright (c) 2020 Winny Gunarti Widya Wardani, F.C. Ndaru Ranuhandoko, Rina Wahyu Winarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).