Pelatihan Komputer Desain Grafis Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Kepada Politeknik Imigrasi Di Kemanggisan Jakarta

  • Arsa Widitiarsa Utoyo Universitas Bina Nusantara
  • Hervina Dyah Aprillia Universitas Bina Nusantara
  • Tobias Warbung Universitas Bina Nusantara
  • Nunnun Bonafix Universitas Bina Nusantara
Keywords: komputer grafis, produk, digital imaging

Abstract

Tujuan pelatihan ini adalah menambah ketrampilan para pengusaha kreatif kecil menengah agar dapat mendukung pemasaran hasil usaha kreatif kecil menengah di rumah. Melalui pelatihan ini diharapkan target dapat memahami proses kreativitas pembuatan logo produk dengan menggunakan komputer grafis, melalui pengolahan gambar Digital imaging membuat gambar lebih menarik. Hasil desain dari logo yang mampu merepresentasikan produk yang dihasilkan setelah di manipulasi di computer akan menjadikan sebuah alat pemasaran yang lebih baik. Hasil pelatihan ini memberikan beberapa implikasi, antara lain pertama pengembangan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang computer grafis desain logo dan produk khususnya mata kuliah Komputer Grafis, kedua pemilihan metode pelatihan yang tepat bagi pengusaha kreatif kecil menengah

References

Bartoletti, M. (2013). The Importance of Social Media in Their Contribution to The Marketing of Sport Events.Modul University, Vienna.

Botan, Carl H., Soto, Farancisco. (1998) A Semiotic approach to the internal functioning of publics: implications for strategic communication and public relations, Purdue University, United States of American.

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (2018). Panduan Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Edisi XII Tahun 2018.

Gunarti, W. Pratama, D & Winarni, R. (2013). The Relation of Visual Signs in the Narrative Structure of MTV Exit Human Trafficking Campaign Video, Journal of Art and Humanities, University of Indraprasasta PGRI, Jakarta.

McCormick, B. H., DeFanti, T. A., & Brown, M. D. (1987). Visualization in scientific computing: Report of The NSF Advisory Panel on Graphics, Image Processing and Workstations.

Natadjaja, L. (2002). Pengaruh komunikasi visual antar budaya terhadap pemasaran produk pada pasar ekspor ditinjau dari warna dan ilustrasi desain kemasan. Nirmana Vol 4, No 2, pp 158¬168.

Leiliyanti, E. (2009). Representation and Symbolic Politics in Indonesia: An Analysis of Billboard Advertising in the Legislative Assembly Election of 2009, Edith Cowan University, Australia.

Svendsen, Sara. (2013). Refresh. Create. Inspire: A Rhetorical Analysis of the Mission, Vision and Values Behind The Coca-Cola Company and the Digital Marketing Strategies of the “Open Happiness” Campaign, Liberty University School of Communication Studies, United States of American. http://www.sciencedirect.com/ science/article/pii/S0363811198800180

Trueman, M. and Jobber, D. (1998). Competing through design. Long Range Planning, 31, pp. 594-605.

Utoyo, W. Arsa (2016). The Significance of Enjoy Jakarta logo as a City Branding Strategy for Tourism in Indonesia. 2nd Art and Design International Conference 2016.

Wood, Brian (2019). Adobe Illustrator CC Classroom in a Book, Adobe Presss.

Warnaby, G., and D. Medway. (2010). Semiotics and place branding: the influence of the built and natural environment in city logos. In Towards effective place brand management: Branding European Cities and Regions, ed. G.J. Ashworth and M. Kavaratzis, 205-221. Cheltenham: Edward Elgar Publishing.

Wheeler, A. 2009. Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.

Published
2021-02-28
How to Cite
Utoyo, A. W., Aprillia, H. D., Warbung, T., & Bonafix, N. (2021). Pelatihan Komputer Desain Grafis Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Illustrator Kepada Politeknik Imigrasi Di Kemanggisan Jakarta. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3), 262-269. https://doi.org/10.56881/senada.v1i3.68