Pelatihan Membangun Pembelajaran Daring di Era Revolusi Pendidikan 4.0

Keywords: pembelajaran daring, revolusi pendidikan 4.0, moodle

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat harus diikuti oleh dunia pendidikan agar dapat berjalan selaras dengan perkembangan teknologi. Perkembangan pendidikan yang pesat dan berjalan selaras dengan perkembangan teknologi dikenal dengan istilah revolusi pendidikan. Target dari revolusi pendidikan 4.0 adalah menghasilkan peserta didik yang menguasai empat keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, meliputi: kemampuan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif. Pelatihan dilakukan atas permintaan sekolah mitra yang memiliki keinginan untuk dapat merespon dengan cepat kebutuhan proses pembelajaran di era revolusi pendidikan jilid 4.0. Era revolusi pendidikan jilid 4.0 diwarnai oleh pandemic Covid 19 yang merata di seluruh dunia. Oleh karena itu kemampuan lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi) untuk memiliki sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan kebutuhan yang bersifat mendesak. Pelatihan dilaksanakan sehari dari pagi hingga sore, kombinasi teori dan praktek dan diikuti oleh seluruh dewan guru, TU, dan penanggung jawab IT. Efektivitas pelatihan sangat ditentukan oleh ketersediaan infrastruktur di sekolah dan tingkat melek teknologi para peserta pelatihan. Rekomendasi untuk sekolah mitra adalah membeli domain, menyewa hosting, mempersiapkan aplikasi e-learning dengan Moodle, dan materi pembelajaran

Author Biography

Zaeni Miftah, STIKOM Cipta Karya Informatika

Program Studi Teknik Informatika

References

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3 No. 1 Februari , 90-102.

Kusuma, A. (2011). E-Learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan Vol 14 No. 1 Juni , 35-51.

Miftah, Z., & Sari, I. P. (2020). Analisis Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Metode SUS. Research and Development Journal Of Education, SPECIAL EDITION October , 40 – 48 .

NN. (2019, November 27 ). Serba Serbi, Technology. Retrieved Januari 28, 2021, from https://idcloudhost.com: https://idcloudhost.com/panduan-moodle-definisi-kelebihan-serta-cara-menggunakannya/

Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020 ). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi . Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, Vol.4 No.1, MEI , 66-73.

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sari, I. P., Supandi, & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 2, Maret , 102-107.

Published
2021-02-28
How to Cite
Indah Purnama Sari, & Zaeni Miftah. (2021). Pelatihan Membangun Pembelajaran Daring di Era Revolusi Pendidikan 4.0 . SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(3), 361-370. https://doi.org/10.56881/senada.v1i3.62