Peran Kesantunan dalam Meningkatkan Kepuasan bagi Pelanggan
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya bersikap santun dalam melayani pelanggan, karena sesungguhnya kepuasan yang mereka rasakan akan mempengaruhi keputusan mereka untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Semakin terjaga kepuasan konsumen maka semakin terjaga juga kelangsungan hidup suatu perusahaan. Masalah kesantunan dan kepuasan kelihatannya hal kecil namun dalam pelaksanaannya harus sepenuh hati agar benar-benar menampakkan hasil yang maksimal. Artikel ini dibuat dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan pada bulan April 2019 kepada guru-guru yang bertempat di TK. Aku Anak Indonesia, Limo, Depok. Abdimas ini memberikan dampak baik bagi guru dalam meningkatkan kesantunan demi memberikan kepuasan yang lebih baik lagi.
References
Al-Qur’anul Karim
Andreas, G. (2015), Kesantunan merupakan hal penting untuk kita ketahui , Kompasiana.com : https://www.kompasiana.com/andreasssssssssssssssssss/564c29bcb393739d11280c9d/kesantunan-merupakan-hal-yang-penting-untuk-kita-ketahui#
Apriyanti, M.E. (2019). Pelaksanaan pelayanan terbaik 3S (senyum, salam, sapa) para karyawan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jakarta: Jurnal PKM – Pengabdian kepada masyarakat, LPPM UNINDRA, Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 02 No. 01, Januari – Aprill 2019
Irwan, A. (2019) Inilah 5 unsur penting dalam pelayanan konsumen.coba terapkan. (Online). Diakses dari https://www.maxmanroe.com/inilah-5-unsur-penting-dalam-pelayanan-konsumen-coba-terapkan.html
Lupiyoadi. (2001). Manajemen pemasaran, jasa teori dan praktek: Jakarta: Salemba empat
Rangkuti F. (2015). Personal SWOT Analysis: Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.
Rangkuty F. (2016). Customer Care Excellence: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ratminto dan Atik W. (2005). Manajemen Pelayanan: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosida, D.F. Pengaruh kesantunan berbahasa terhadap transaksi bisnis. (On Line), diakses pada hari Jumat 24 April 2020 pkl. 12.00 wib dari https://www.academia.edu/11013829/Pengaruh_Kesantunan_Berbahasa_Terhadap_Transaksi_Bisnis
Copyright (c) 2020 Masayu Endang Apriyanti, Ana Widyastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).