Peran Kesantunan dalam Meningkatkan Kepuasan bagi Pelanggan

  • Masayu Endang Apriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Ana Widyastuti Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Kesantunan, Kepuasan, Pelanggan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya bersikap santun dalam melayani pelanggan, karena sesungguhnya kepuasan yang mereka rasakan akan mempengaruhi keputusan mereka untuk kembali membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan. Semakin terjaga kepuasan konsumen maka semakin terjaga juga kelangsungan hidup suatu perusahaan. Masalah kesantunan dan kepuasan kelihatannya hal kecil namun dalam pelaksanaannya harus sepenuh hati agar benar-benar menampakkan hasil yang maksimal. Artikel ini dibuat dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan pada bulan April 2019 kepada guru-guru yang bertempat di TK. Aku Anak Indonesia, Limo, Depok. Abdimas ini memberikan dampak baik bagi guru dalam meningkatkan kesantunan demi memberikan kepuasan yang lebih baik lagi.

References

Al-Qur’anul Karim

Andreas, G. (2015), Kesantunan merupakan hal penting untuk kita ketahui , Kompasiana.com : https://www.kompasiana.com/andreasssssssssssssssssss/564c29bcb393739d11280c9d/kesantunan-merupakan-hal-yang-penting-untuk-kita-ketahui#

Apriyanti, M.E. (2019). Pelaksanaan pelayanan terbaik 3S (senyum, salam, sapa) para karyawan meningkatkan kepuasan pelanggan. Jakarta: Jurnal PKM – Pengabdian kepada masyarakat, LPPM UNINDRA, Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 02 No. 01, Januari – Aprill 2019

Irwan, A. (2019) Inilah 5 unsur penting dalam pelayanan konsumen.coba terapkan. (Online). Diakses dari https://www.maxmanroe.com/inilah-5-unsur-penting-dalam-pelayanan-konsumen-coba-terapkan.html

Lupiyoadi. (2001). Manajemen pemasaran, jasa teori dan praktek: Jakarta: Salemba empat

Rangkuti F. (2015). Personal SWOT Analysis: Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.

Rangkuty F. (2016). Customer Care Excellence: Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ratminto dan Atik W. (2005). Manajemen Pelayanan: Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosida, D.F. Pengaruh kesantunan berbahasa terhadap transaksi bisnis. (On Line), diakses pada hari Jumat 24 April 2020 pkl. 12.00 wib dari https://www.academia.edu/11013829/Pengaruh_Kesantunan_Berbahasa_Terhadap_Transaksi_Bisnis

Published
2020-06-25
How to Cite
Apriyanti, M. E., & Widyastuti, A. (2020). Peran Kesantunan dalam Meningkatkan Kepuasan bagi Pelanggan. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.56881/senada.v1i1.6