Parenting Formula sebagai Solusi Pendampingan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi
Abstract
Wabah COVID-19 yang melanda hampir di seluruh negara di dunia telah memaksa pemerintah Indonesia untuk mengambil kebijakan memberlakukan proses pembelajaran secara daring atau sering disebut dengan istilah Pembelajaran Dari Rumah (BDR). Pada tingkat SD sampai dengan SMP, orang tua dituntut untuk berperan aktif dalam mendampingi anak yang berarti orang tua berperan sebagai guru di rumah. Dalam kenyataannya, BDR ini telah menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan keluarga. Salah satu dampak yang perlu untuk diperhatikan adalah dampak psikis pada orang tua dan anak yang sering kali muncul dalam bentuk rasa stres. Bila dibiarkan, rasa stres ini dapat menimbulkan konflik dan permasalahan lainnya yang tentunya akan berakibat fatal dalam proses pendidikan di dalam keluarga. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan solusi berupa parenting formula kepada orang tua dalam mendampingi anak-anak belajar di rumah secara optimal sehingga terhindar dari rasa stres. Kegiatan ini melibatkan 160 peserta ibu yang memiliki anak usia SD dan SMP di lingkungan Majelis Taklim Baitul Hasan yang berada di bawah naungan Yayasan Baitul Hasan Jagakarsa. Kegiatan dilakukan dalam bentuk diskusi dan talk show secara daring dalam 3 siklus pertemuan. Rangkaian kegiatan meliputi observasi, persiapan, pelaksanaan, dokumentasi, analisis dan pelaporan. Hasil kegiatan ini kemudian disusun dalam bentuk e-poster yang didistribusikan kepada seluruh peserta secara virtual. Dengan kegiatan tersebut para peserta dapat mengetahui dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam mendampingi anak belajar di rumah. Para ibu juga menyadari bahwa BDR sejatinya menjadi satu proses mengembalikan peran ibu sebagai pendidik utama bagi anak-anak.
References
Alkouatli, C. (2018). Pedagogies in Becoming Muslim: Contemporary Insights from Islamic Traditions on Teaching, Learning, and Developing. Religions, 9(11), 367. https://doi.org/10.3390/rel9110367
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Brown, S. M., Doom, J. R., Lechuga-Peña, S., Watamura, S. E., & Koppels, T. (2020). Stress and parenting during the global COVID-19 pandemic. Child Abuse and Neglect, 110(2). https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2020.104699
Calam, R. M. (2016). Broadening the Focus of Parenting Interventions With Mindfulness and Compassion. In Clinical Psychology: Science and Practice (Vol. 23, Issue 2, pp. 161–164). https://doi.org/10.1111/cpsp.12148
Coatsworth, J. D., Timpe, Z., Nix, R. L., Duncan, L. G., & Greenberg, M. T. (2018). Changes in mindful parenting: Associations with changes in parenting, parent–Youth relationship quality, and youth behavior. Journal of the Society for Social Work and Research, 9(4), 511–529. https://doi.org/10.1086/701148
Code, J., Ralph, R., & Forde, K. (2020). Pandemic designs for the future: perspectives of technology education teachers during COVID-19. Information and Learning Sciences, 121(5), 419–431. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0112
Coyne, L. W., Gould, E. R., Grimaldi, M., Wilson, K. G., Baffuto, G., & Biglan, A. (2020). First Things First: Parent Psychological Flexibility and Self-Compassion During COVID-19. Behavior Analysis in Practice, 6(April), 1–7. https://doi.org/10.1007/s40617-020-00435-w
Duncan, L. G., Coatsworth, J. D., & Greenberg, M. T. (2009). A Model of Mindful Parenting: Implications for Parent-Child Relationships and Prevention Research. Clinical Child and Family Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10567-009-0046-3
Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914
Griffith, A. K. (2020). Parental Burnout and Child Maltreatment During the COVID-19 Pandemic. Journal of Family Violence. https://doi.org/10.1007/s10896-020-00172-2
Handayani, R. T., Kuntari, S., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Faktor penyebab stres pada tenaga kesehatan dan masyarakat saat pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 353–360.
Hesse, C., Mikkelson, A. C., & Saracco, S. (2018). Parent–Child Affection and Helicopter Parenting: Exploring the Concept of Excessive Affection. Western Journal of Communication, 82(4), 457–474. https://doi.org/10.1080/10570314.2017.1362705
Kurniasari, A. dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Mikolajczak, M., Raes, M. E., Avalosse, H., & Roskam, I. (2018). Exhausted Parents: Sociodemographic, Child-Related, Parent-Related, Parenting and Family-Functioning Correlates of Parental Burnout. Journal of Child and Family Studies, 27(2), 602–614. https://doi.org/10.1007/s10826-017-0892-4
Pinto, A. I., Pessanha, M., & Aguiar, C. (2013). Effects of home environment and center-based child care quality on children’s language, communication, and literacy outcomes. Early Childhood Research Quarterly, 28(1), 94–101. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2012.07.001
Rosyada, A., & Ramadhianti, A. (2019a). Applying positive language in mindful parenting: A means of building positive character in children. . ASEAN Journal of Community Engagement, 3(2), 173–196. https://doi.org/10.7454/ajce.v3i2.1058
Rosyada, A., & Ramadhianti, A. (2019b). Implementasi Bahasa Positif dan Screen Time Management dalam Membangun Karakter Terbaik Anak. PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 87–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i02.3059
Rosyada, A., & Retnomurti, A. B. (2017). The Use of Positive Language on Children Education to Build Children’s Positive Behaviour. Scope : Journal of English Language Teaching, 1(01), 1. https://doi.org/10.30998/scope.v1i01.868
Strand, K., Marullo, S., Cutforth, N., Stoecker, R., & Donohue, P. (2003). Principles of best practice for community-based research. Michigan Journal of Community Service Learning, 9(3), 5–15.
Copyright (c) 2021 Amrina Rosyada, Agustina Ramadhianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).