Pembelajaran Daring dan Edukasi COVID-19 untuk anak usia dini (PAUD) saat Pendemi

  • Peniarsih Peniarsih Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
  • Atik Budi Paryanti Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma
Keywords: Pembelajaran, Multimedia, Peningkatan Audio, Video

Abstract

Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi tenaga pendidik di dalam salah satu upaya untuk melaksanakan salah satu tugas sebagai pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi) salah satunya Pengabdian ini adalah suatu upaya Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma agar supaya terlaksananya Tridarma Perguruan Tinggi untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. berdasarkan hal ini, kami mengajukan usulan kegiatan Pengabdian di Posyandu Gandaria yang beralamat di Jl. Gandaria I. Rt.006/ 06, Ratu Jaya, Cipayung dengan Tujuan Pengabdian ini adalah memberikan pembelajaran Membaca dan Menulis untuk anak usia dini yang mana mereka belum mengenal angka dan huruf terutama di masa wabah pandemic covid-19 ini tidak diperbolehkan anak sekolah dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi datang ke sekolah atau kampus (Tatap Muka) melainkan melalui daring/Online maka KLPPM Unsurya berusaha memberikan bekal pengetahuan kepada anak usia  dini yang belum bisa membaca dan berhitung sambil bermain agar dapat memiliki pemahaman tentang penggunaan aplikasi multimedia dapat digunakan untuk bermain sambil belajar.  Multimedia menyediakan peluang bagi anak – anak untuk dapat bermain sambil belajar dengan teknik pembelajaran sehingga memberikan hasil yang maksimal. Target luaran yang diharapkan dari kegitan ini adalah Posyandu dapat mengggunakan Aplikasi untuk proses pembelajaran anak-anak usia dini dengan media yang menyajikan gabungan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, image, animasi, audio dan video secara terintegrasi 2), dengan pengajar secara online/daring  demi peningkatan kualitas proses pembelajaran yang bervariatif ,menarik dan lebih maksimal

References

Criswell, E. L. (1989). The design of computer-based instruction (pp. 182-212). New York: Macmillan.

Gilbert, D. (2002). Multimedia Technology, Queensland: University of Queensland

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Aids to computer-based multimedia learning. Learning and instruction, 12(1), 107-119.

Simkins, M., Cole, K., & Tavalin, F. (2002). Increasing student learning through multimedia projects. ASCD.

Suyanto, M. (2004). Analisis Dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Unesco, Introduction | The multimedia approach, diakses dari www.unesco.org/education/tlsf/TLSF/intro/mod02/uncom, tanggal 1 Mei 2018

Published
2020-11-28
How to Cite
Peniarsih, P., & Paryanti, A. B. (2020). Pembelajaran Daring dan Edukasi COVID-19 untuk anak usia dini (PAUD) saat Pendemi. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(2), 220-227. https://doi.org/10.56881/senada.v1i2.40