Pembelajaran Daring dan Edukasi COVID-19 untuk anak usia dini (PAUD) saat Pendemi
Abstract
Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi tenaga pendidik di dalam salah satu upaya untuk melaksanakan salah satu tugas sebagai pelaksanaan salah satu tridarma perguruan tinggi) salah satunya Pengabdian ini adalah suatu upaya Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma agar supaya terlaksananya Tridarma Perguruan Tinggi untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. berdasarkan hal ini, kami mengajukan usulan kegiatan Pengabdian di Posyandu Gandaria yang beralamat di Jl. Gandaria I. Rt.006/ 06, Ratu Jaya, Cipayung dengan Tujuan Pengabdian ini adalah memberikan pembelajaran Membaca dan Menulis untuk anak usia dini yang mana mereka belum mengenal angka dan huruf terutama di masa wabah pandemic covid-19 ini tidak diperbolehkan anak sekolah dari TK sampai dengan Perguruan Tinggi datang ke sekolah atau kampus (Tatap Muka) melainkan melalui daring/Online maka KLPPM Unsurya berusaha memberikan bekal pengetahuan kepada anak usia dini yang belum bisa membaca dan berhitung sambil bermain agar dapat memiliki pemahaman tentang penggunaan aplikasi multimedia dapat digunakan untuk bermain sambil belajar. Multimedia menyediakan peluang bagi anak – anak untuk dapat bermain sambil belajar dengan teknik pembelajaran sehingga memberikan hasil yang maksimal. Target luaran yang diharapkan dari kegitan ini adalah Posyandu dapat mengggunakan Aplikasi untuk proses pembelajaran anak-anak usia dini dengan media yang menyajikan gabungan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, image, animasi, audio dan video secara terintegrasi 2), dengan pengajar secara online/daring demi peningkatan kualitas proses pembelajaran yang bervariatif ,menarik dan lebih maksimal
References
Criswell, E. L. (1989). The design of computer-based instruction (pp. 182-212). New York: Macmillan.
Gilbert, D. (2002). Multimedia Technology, Queensland: University of Queensland
Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002). Aids to computer-based multimedia learning. Learning and instruction, 12(1), 107-119.
Simkins, M., Cole, K., & Tavalin, F. (2002). Increasing student learning through multimedia projects. ASCD.
Suyanto, M. (2004). Analisis Dan Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Unesco, Introduction | The multimedia approach, diakses dari www.unesco.org/education/tlsf/TLSF/intro/mod02/uncom, tanggal 1 Mei 2018
Copyright (c) 2020 Peniarsih, Atik Budi Paryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).