Strategi Penanganan Keluhan Pelanggan

  • Yulita Yulita Politeknik Bina Madani
  • Ratna Sari Dewi Politek Bina Madani
  • Ahmad Arwani Politeknik Bina Madani
Keywords: Keluhan Pelanggan, Bisnis

Abstract

Dalam dunia bisnis, pelanggan merupakan elemen penting yang tidak terlepas dari keluhan terkait produk dan layanan. Perkembangan teknologi dan internet mempermudah pelanggan untuk menyampaikan pengalaman mereka, yang mencakup kritik. Keluhan pelanggan, meskipun sering dianggap negatif, sebenarnya merupakan peluang untuk perbaikan dan peningkatan kualitas layanan, serta penguatan loyalitas pelanggan. Siaran live TikTok “Strategi Penanganan Keluhan Pelanggan” bertujuan untuk memberikan panduan kepada pelaku bisnis mengenai cara mengelola keluhan pelanggan. Materi yang dibahas mencakup pemahaman keluhan pelanggan, cara penanganannya, hingga langkah-langkah pemulihan layanan. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan, serta membantu bisnis untuk mempertahankan reputasi dan layanan yang baik. Di akhir, penting bagi perusahaan untuk menyusun prosedur penanganan keluhan yang komunikatif dan mudah diakses oleh pelanggan.

Published
2024-07-10
How to Cite
Yulita Yulita, Ratna Sari Dewi, & Ahmad Arwani. (2024). Strategi Penanganan Keluhan Pelanggan. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 5(1), 41-48. https://doi.org/10.56881/senada.v5i1.231