Strategi Penanganan Keluhan Pelanggan
Abstract
Dalam dunia bisnis, pelanggan merupakan elemen penting yang tidak terlepas dari keluhan terkait produk dan layanan. Perkembangan teknologi dan internet mempermudah pelanggan untuk menyampaikan pengalaman mereka, yang mencakup kritik. Keluhan pelanggan, meskipun sering dianggap negatif, sebenarnya merupakan peluang untuk perbaikan dan peningkatan kualitas layanan, serta penguatan loyalitas pelanggan. Siaran live TikTok “Strategi Penanganan Keluhan Pelanggan” bertujuan untuk memberikan panduan kepada pelaku bisnis mengenai cara mengelola keluhan pelanggan. Materi yang dibahas mencakup pemahaman keluhan pelanggan, cara penanganannya, hingga langkah-langkah pemulihan layanan. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan, serta membantu bisnis untuk mempertahankan reputasi dan layanan yang baik. Di akhir, penting bagi perusahaan untuk menyusun prosedur penanganan keluhan yang komunikatif dan mudah diakses oleh pelanggan.
Copyright (c) 2024 Yulita Yulita, Ratna Sari Dewi, Ahmad Arwani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).