Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Naki Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern

  • Aep Sugihartono Politeknik Bina Madani
  • Niken Sandora Politeknik Bina Madani
  • Ahmad Arwani Politeknik Bina Madani
  • Melyona Zenia Rabbil Politeknik Bina Madani
Keywords: media sosial, UMKM

Abstract

Pasar global yang terus berubah menuntut UMKM, termasuk UMKM Ikan
Asin, untuk mengadopsi strategi pemasaran yang inovatif. Salah satu alat yang semakin
penting dalam konteks ini adalah media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki
pengembangan media sosial sebagai alat efektif dalam manajemen pemasaran UMKM
Ikan Asin di era modern. Pengembangan media sosial memiliki peran krusial dalam
manajemen pemasaran UMKM Ikan Asin di era modern. Strategi pemasaran yang
terarah pada platform media sosial mampu memperkuat merek, meningkatkan interaksi
dengan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan. Kendala yang
dihadapi memerlukan solusi kreatif, sementara potensi positif media sosial sebagai alat
pemasaran tidak dapat diabaikan. Media sosial digunakan sebagai alat untuk
membangun dan menguatkan merek UMKM Ikan Asin. Posting visual berkualitas tinggi,
konten cerita, dan interaksi langsung dengan pelanggan menjadi fokus utama dalam
strategi branding.



Published
2024-02-02
How to Cite
Aep Sugihartono, Niken Sandora, Ahmad Arwani, & Melyona Zenia Rabbil. (2024). Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Naki Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern . SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 4(3), 192-203. https://doi.org/10.56881/senada.v4i3.191