Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Naki Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern
Abstract
Pasar global yang terus berubah menuntut UMKM, termasuk UMKM Ikan
Asin, untuk mengadopsi strategi pemasaran yang inovatif. Salah satu alat yang semakin
penting dalam konteks ini adalah media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki
pengembangan media sosial sebagai alat efektif dalam manajemen pemasaran UMKM
Ikan Asin di era modern. Pengembangan media sosial memiliki peran krusial dalam
manajemen pemasaran UMKM Ikan Asin di era modern. Strategi pemasaran yang
terarah pada platform media sosial mampu memperkuat merek, meningkatkan interaksi
dengan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan. Kendala yang
dihadapi memerlukan solusi kreatif, sementara potensi positif media sosial sebagai alat
pemasaran tidak dapat diabaikan. Media sosial digunakan sebagai alat untuk
membangun dan menguatkan merek UMKM Ikan Asin. Posting visual berkualitas tinggi,
konten cerita, dan interaksi langsung dengan pelanggan menjadi fokus utama dalam
strategi branding.
Copyright (c) 2024 Aep Sugihartono, Niken Sandora, Ahmad Arwani, Melyona Zenia Rabbil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).