Perancangan Karakter Gatotkaca ROVID Sebagai Maskot Kampanye Sosial Peduli Covid-19
Abstract
Dalam kampanye sosial dibutuhkan pesan baik verbal maupun visual yang berkaitan dengan pandemi Covid 19. Bentuk pesan verbal berupa teks dan bentuk pesan visual berupa ilustrasi. Perancangan karakter visual menggunakan metode deformasi bentuk. Strategi kampanye sosial yang dipakai adalah dengan pendekatan social marketing melalui media digital. Kegiatan perancangan maskot dilakukan pada April 2020. Sedangkan kegiatan kampanye sosial dilakukan pada April 2020 hingga pandemi ini berakhir melalui sosial media instagram. Secara berkala tim pengabdian masyarakat akan membuat konten yang berkaitan dengan Kampanye Sosial Peduli Covid-19.Hasil dari perancangan adalah berupa Ilustrasi karakter visual yang berfungsi sebagai maskot Kampanye. Konsep karakternya diangkat dari ikon Gatotkaca bernama “Rovid” sebuah robot android anti virus Covid 19. Ikon deformasi Gatotkaca dipilih karena karakter yang akan dibangun adalah gagah, berjiwa ksatira, pemberani, dan taat aturan. . Implikasi yang diharapkan setelah perancangan maskot dalam media kampanye sosial ini adalah bahwa edukasi yang dibangun di masyarakat tentang hidup sehat dan bersih akan terus dilaksanakan akan mengurangi kemungkinan penyebaran virus yang lebih luas
References
Alfarizi, Moh Khory. (2020, Maret 12). WHO: Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi. Diakses dari https://tekno.tempo.co/read/1318504/who-virus-corona-covid-19-resmi-pandemi
Damono, S. D. (2018). Alih wahana. Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, Retia Kartika. (2020, April 14). Mengenal Apa Itu PSBB, Aturan, Daerah yang Menerapkan hingga Sanksinya. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/14/093800065/mengenal-apa-itu-psbb-aturan-daerah-yang-menerapkan-hingga-sanksinya
Hadiprawiro, Y., & Hidayati, A. N. (2019). Maskot Asian Para Games 2018: Identitas dan Aplikasinya. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 3(1), 429-436.
Nadya, N. (2019). Studi Komparatif Pada Tokoh Gatot Kaca Dalam Permainan Digital “Mobile Legend Bang-Bang” Dan Komik “Garudayana” Karangan Is Yuniarto Dengan Pendekatan Semiotika. In Seminar Nasional Arsitektur, Budaya dan Lingkungan Binaan (SEMARAYANA) (pp. 209-222).
Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2012). Theory and principles of public communication campaigns. Public communication campaigns, 3-19
Copyright (c) 2020 Kurnia Sandi, Herby Nurul Islamiah, Yulianto Hadiprawiro, Atiek Nur Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).