Perancangan Karakter Gatotkaca ROVID Sebagai Maskot Kampanye Sosial Peduli Covid-19

  • Kurnia Sandi Universitas Indraprasta PGRI
  • Herby Nurul Islamiah Universitas Indraprasta PGRI
  • Yulianto Hadiprawiro Universitas Indraprasta PGRI
  • Atiek Nur Hidayati Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Maskot Rovid, Gatotkaca, Pemasaran Sosial, Anti Covid-19

Abstract

Dalam kampanye sosial dibutuhkan pesan baik verbal maupun visual yang berkaitan dengan pandemi Covid 19. Bentuk pesan verbal berupa teks dan bentuk pesan visual berupa ilustrasi. Perancangan karakter visual menggunakan metode deformasi bentuk. Strategi kampanye sosial yang dipakai adalah dengan pendekatan social marketing melalui media digital. Kegiatan perancangan maskot dilakukan pada April  2020. Sedangkan kegiatan kampanye sosial dilakukan pada April 2020 hingga pandemi ini berakhir melalui sosial media instagram. Secara berkala tim pengabdian masyarakat akan membuat konten yang berkaitan dengan Kampanye Sosial Peduli Covid-19.Hasil dari perancangan adalah berupa Ilustrasi karakter visual yang berfungsi sebagai maskot Kampanye. Konsep karakternya diangkat dari ikon Gatotkaca bernama “Rovid” sebuah robot android anti virus Covid 19. Ikon deformasi Gatotkaca dipilih karena karakter yang akan dibangun adalah gagah, berjiwa ksatira, pemberani, dan taat aturan. . Implikasi yang diharapkan setelah perancangan maskot dalam media kampanye sosial ini adalah bahwa edukasi yang dibangun di masyarakat tentang hidup sehat dan bersih akan terus dilaksanakan akan mengurangi kemungkinan penyebaran virus yang lebih luas

References

Alfarizi, Moh Khory. (2020, Maret 12). WHO: Virus Corona COVID-19 Resmi Pandemi. Diakses dari https://tekno.tempo.co/read/1318504/who-virus-corona-covid-19-resmi-pandemi

Damono, S. D. (2018). Alih wahana. Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, Retia Kartika. (2020, April 14). Mengenal Apa Itu PSBB, Aturan, Daerah yang Menerapkan hingga Sanksinya. Diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/14/093800065/mengenal-apa-itu-psbb-aturan-daerah-yang-menerapkan-hingga-sanksinya

Hadiprawiro, Y., & Hidayati, A. N. (2019). Maskot Asian Para Games 2018: Identitas dan Aplikasinya. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 3(1), 429-436.

Nadya, N. (2019). Studi Komparatif Pada Tokoh Gatot Kaca Dalam Permainan Digital “Mobile Legend Bang-Bang” Dan Komik “Garudayana” Karangan Is Yuniarto Dengan Pendekatan Semiotika. In Seminar Nasional Arsitektur, Budaya dan Lingkungan Binaan (SEMARAYANA) (pp. 209-222).

Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2012). Theory and principles of public communication campaigns. Public communication campaigns, 3-19

https://corona.jakarta.go.id/id

https://www.kompas.com/covid-19

Published
2020-06-25
How to Cite
Sandi, K., Islamiah, H. N., Hadiprawiro, Y., & Hidayati, A. N. (2020). Perancangan Karakter Gatotkaca ROVID Sebagai Maskot Kampanye Sosial Peduli Covid-19. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 133-142. https://doi.org/10.56881/senada.v1i1.19