Infografis Bijak Menggunakan Gawai Dalam Keluarga di Posyandu Cendrawasih Sukmajaya Depok

Keywords: Bijak Menggunakan Gawai, Keluarga, Posyandu

Abstract

Tujuan dari kegiatan abdimas ini adalah untuk merancang infografis “Bijak Menggunakan Gawai Dalam Keluarga.” Infografis ini diperuntukkan bagi masyarakat di sekitar Posyandu Cendrawasih RW 01 Kecamatan Sukamaju Depok-Jawa Barat. Posyandu Cendrawasih merupakan posyandu terbaik di wilayah itu, salah satu indikatornya adalah warga yang aktif dalam berbagai kegiatan posyandu. Metode pelaksanaan abdimas ini awalnya adalah sosialisasi secara langsung mengenai penggunaan gawai dalam keluarga, namun karena wabah Covid-19, kegiatan ini urung diadakan dan dirubah dengan perancangan infografis. Salah satu alasan mengapa kegiatan ini dilakukan adalah karena kebutuhan dari masyarakat mengenai penggunaan gawai dalam keluarga. Umumnya warga yang merupakan anggota posyandu adalah ibu-ibu usia 20-45 tahun dengan anak balita atau anak usia 7-12 tahun, beragama Islam, pendidikan umumnya adalah lulusan SMU dan sederajat dengan kelas sosial menengah sampai menengah bawah. Ada elemen yang melekat pada infografis ini, pertama adalah tema “Bijak Menggunakan Gawai Dalam Keluarga,” kedua adalah kreator atau perangkat lunak yang digunakan yaitu Adobe Ilustrator dengan lama pengerjaan yaitu dua hari, ketiga adalah elemen visual yang mencakup warna, teks, ikon dan sebagainya. Dari ketiga elemen tersebut, terbangunlah infografis yang memiliki dua informasi utama yaitu bijak menggunakan gawai yang harus dipahami oleh orangtua dan aturan menggunakan gawai bagi orangtua dan anak. Jika perancangan infografis telah memenuhi elemen tersebut maka seharusnya pesan yang disampaikan bisa diterima oleh khalayak.

References

Ahmad, A. R., dan Rahmadi, F. A.,. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun, Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/111051-ID-hubungan-tingkat-kecanduan-gadget-dengan.pdf .

Bintang, A. M., dkk,. (2017). Infografis sebagai Media Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Keterlibatan Publik Bank Indonesia, Jurnal Komunikasi, 8(2), 20-133, https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/63

https://inet.detik.com/games-news/d-2055633/kecanduan-game-4-remaja-dibawa-ke-rsj-grogol, diunduh, 11 Juli 2018

https://www.liputan6.com/news/read/3230544/kecanduan-smartphone-begini-kondisi-2-remaja-di-rs-jiwa-bondowoso, diakses 11 Juli 2018

Indriyani, M., & Sofia, A. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 1(1), 1-11, http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/IJECI/article/view/16887

Jennifer, F. (2014). Infographics: https://www.researchgate.net/publication/308505894 diunduh pada 8 Mei 2020.

Junida, D. S. Kecanduan Online Anak Usia Dini. Walasuji, 10(1), 57-68, https://media.neliti.com/media/publications/292832-kecanduan-online-anak-usia-dini-28601233.pdf

Nuning, K. (2016). Infografis, Prosiding Seminar Nasional: Komunikasi, Informasi dan Perpustakaan di Era Global, Departemen Komunikasi dan Informasi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Universitas Padjdjaran Bandung, 2016, hlm. 456-465 https://www.researchgate.net/publication/308505894

Triastutik, Y. (2018., Bermain Gadget dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 tahun di TK Bina Insani Jombang, (Skripsi Sarjana-S1, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang). diunduh dari http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1392/1/143210145, 8 Mei 2020

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/127, pada 8 Mei 2020

Published
2020-06-25
How to Cite
Nurhablisyah, & Handayani, D. (2020). Infografis Bijak Menggunakan Gawai Dalam Keluarga di Posyandu Cendrawasih Sukmajaya Depok. SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 123-132. https://doi.org/10.56881/senada.v1i1.18