Pelatihan English Pronunciation Dengan Intuitive-Immitative dan Analitic-Linguistic Approaches
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan English Pronunciation ‘pelafalan bahasa Inggris’ kepada guru-guru bajasa Inggris di lingkungan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah 4 Jagakarsa Jakarta Selatan yang hasilnya diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran pronunciation di kelas. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan melalui beberapa fase yaitu fase persiapan yang diikuti dengan fase pelaksanaan atau implementasi dan pendampingan. Pendekatan intuitif-imitatif dan analitik linguistic (Intuitive-immitative dan Analytic-Linguistic Approach) yang diajukan oleh Celce-Murica dkk. (1996) dipilih untuk diaplikasikan dalam kegiatan ini karena tim menilai penggabungan kedua pendekatan ini akan sangat membantu meningkatkan kemampuan pelafalan peserta. Terakhir, fase review dan evaluasi yang nantinya dijadikan tolak ukur untuk menentukan kebutuhan dan sasaran baru hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mereka terutama dalam melatih keterampilan pelafalan bahasa Inggris mereka. Lebih jauh lagi peserta berkeinginan untuk menularkan ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan kepada murid-murid mereka di kelas.
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan English Pronunciation ‘pelafalan bahasa Inggris’ kepada guru-guru bajasa Inggris di lingkungan Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah 4 Jagakarsa Jakarta Selatan yang hasilnya diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran pronunciation di kelas. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan melalui beberapa fase yaitu fase persiapan yang diikuti dengan fase pelaksanaan atau implementasi dan pendampingan. Pendekatan intuitif-imitatif dan analitik linguistic (Intuitive-immitative dan Analytic-Linguistic Approach) yang diajukan oleh Celce-Murica dkk. (1996) dipilih untuk diaplikasikan dalam kegiatan ini karena tim menilai penggabungan kedua pendekatan ini akan sangat membantu meningkatkan kemampuan pelafalan peserta. Terakhir, fase review dan evaluasi yang nantinya dijadikan tolak ukur untuk menentukan kebutuhan dan sasaran baru hasil pengabdian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mereka terutama dalam melatih keterampilan pelafalan bahasa Inggris mereka. Lebih jauh lagi peserta berkeinginan untuk menularkan ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan kepada murid-murid mereka di kelas.
Copyright (c) 2023 Widya Widya, Erika Agustiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Para penulis yang menerbitkan artikelnya di SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi setuju dengan ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Ini berarti, di bawah lisensi CC-BY-NC, penulis mengizinkan, diizinkan, dan didorong untuk:
- Menyesuaikan karya dan berbagi untuk yang lain (materi dan isi publikasi);
- Masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Postingkan ke repositori institusional atau terbitkan dalam buku)
- Menerbitkan pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
Para pengguna (redistributor) SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi diharuskan mengutip sumber asli, termasuk nama penulis, SENADA : Semangat Nasional Dalam Mengabdi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, edisi , dan Digital Object Identifier (DOI).