Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Untuk Menabung Di Bank Syariah Artha Madani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktorfaktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam memilih dan menabung di Bank Syariah Artha Madani. Dalam era di mana preferensi dan kebutuhan konsumen semakin beragam, pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor ini menjadi krusial bagi keberlanjutan dan pertumbuhan bank syariah. serta untuk mengetahui sejauh mana produk dan fasilitas yang ditawarkan oleh bank tersebut mempengaruhi keputusan konsumen dalam membuka rekening tabungan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif dengan
metode deskriptif untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih bank sebagai tempat menabung. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih Bank Artha Madani antara lain adalah layanan yang cepat dan ramah, kemudahan akses melalui jaringan
cabang, tidak adanya kartu ATM (hanya ada buku tabungan saja), serta kepercayaan terhadap reputasi bank. Selain itu, fasilitas seperti tidak adanya biaya
administrasi setiap bulannya, kemudahan dalam melakukan transaksi, dan produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen juga turut mempengaruhi keputusan mereka untuk membuka rekening tabungan. Oleh karena itu, Bank
Artha Madani diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas
yang diberikan untuk menarik lebih banyak nasabah.
Copyright (c) 2025 Yulita Yulita, Farah Agharid Zahra, Ahmad Arwani, Arnold Arnold, Muhammad Daffa Fadhillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.