PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH ASIA

  • Leni Sugiyanti Politeknik Bina Madani
  • Ratna Sari Dewi Politeknik Bina Madani
  • Muhammad Zufar Ash Shiddiq Politeknik Bina Madani
Keywords: kualitas produk, harga, penjualan

Abstract

Miniatur Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, memainkan peran penting
dalam perekonomian negara dengan mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi
kemiskinan, dan menyuplai devisa. Bisnis makanan dan minuman cepat saji, khususnya produk
TEH ASIA yang merupakan teh siap saji, semakin diminati karena perubahan gaya hidup
masyarakat yang mengutamakan kepraktisan. Dalam era globalisasi, UMKM menghadapi
tantangan dan peluang baru, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami kebutuhan
konsumen dan bersaing dalam harga serta kualitas produk. Produk teh, yang diolah dari tanaman
camellia sinensis, memiliki potensi besar di pasar Indonesia karena tingginya permintaan dan
kesukaan masyarakat terhadap minuman ini. Kualitas produk dan harga menjadi faktor penentu
dalam persaingan pasar, di mana konsumen cenderung memilih produk dengan kualitas tinggi dan
harga yang kompetitif. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,355 > t tabel (2,080), Hal ini
menunjukkan bahwa dapat disimpulkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian pada TEH ASIA. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,225 > t tabel (2,080),
yang menunjukkan bahwa dapat disimpulkan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
pada TEH ASIA. Berdasarkan hasil uji F diperoleh F hitung sebesar 18,932 > F tabel (3,47) yang
menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian TEH ASIA

Published
2025-01-06
How to Cite
Leni Sugiyanti, Ratna Sari Dewi, & Muhammad Zufar Ash Shiddiq. (2025). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH ASIA. Masarin, 2(3), 338-346. https://doi.org/10.56881/masarin.v2i3.252
Section
Articles