Analisis Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui_English Conversation pada Mahasiswa
Abstract
. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan
berbicara Bahasa Inggris mahasiswa baru Jurusan MPI di Politeknik Bina Madani
melalui pendekatan komunikatif sebagai teknik pengajaran. Menggunakan metode
penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama satu semester pada tahun
ajaran 2024/2025, penelitian ini melibatkan 39 mahasiswa sebagai subjek dan
dilakukan dalam dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan
pada tiga aspek keterampilan berbicara, yaitu kelancaran dari 70% pada siklus
pertama menjadi 81% pada siklus kedua, kenyaringan dari 67% menjadi 82%,
serta keruntutan dari 70% menjadi 80%. Temuan ini menunjukkan bahwa
pendekatan komunikatif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara
mahasiswa.
Copyright (c) 2025 Lego Prayogo, Rizka Kamalia Agustin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.