Perancangan Identitas Brand untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Fashion Lokal Boten Carto
Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam industri fashion lokal Indonesia menekankan pentingnya identitas brand yang kuat untuk meningkatkan daya saing produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas brand Boten Carto, sebuah brand fashion lokal, agar mampu memperkuat posisinya di pasar dan menarik minat konsumen yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode desain berbasis praktik (designbased research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa identitas brand Boten Carto saat ini belum mencerminkan nilai inti seperti keberlanjutan dan pelestarian budaya lokal. Konsumen target, yaitu individu berusia 20-35 tahun, Analisis kompetitor mengindikasikan perlunya diferensiasi melalui elemen visual yang unik dan konsisten.Berdasarkan temuan tersebut, dirancang identitas brand baru yang meliputi logo dengan elemen motif lokal, palet warna yang mencerminkan keberlanjutan, tipografi modern. kemasan berbahan ramah lingkungan. Identitas brand ini juga dilengkapi dengan elemen storytelling untuk memperkuat nilai keberlanjutan dan budaya lokal yang menjadi keunggulan kompetitif Boten Carto.